Tugas
TOU 8
1.
Proses
kegiatan seorang pimpinan yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara
pemikiran ilmiah dan praktis untuk mencapai tujuan yang tetapkan melalui kerja
sama manusia dan pemanfaatan sumber daya dan waktu yang tersedia, disebut :
-
Perencanaan.
2.
Suatu
cara bagaimana agar sumber-sumber daya yang diperlukan dapat dimanfaatkan
dengan setepat-tepatnya sehingga kegiatan menajemen dapat dilaksanakan, disebut
:
-
Metode.
3.
Organisasi
sebagai alat untuk mencapai tujuan dapat dilihat sebagai wadah dan sebagai
proses, organisasi sebagai wadah akan bersifat :
-
sebagai wadah untuk berintegrasi, berelasi dan
berkomunikasi sekelompok orang yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan
tertentu, atau dengan kata lain organisasi sebagai wadah pelaksanaan administrasi
atau manajemen. Sifatnya STATIS.
4.
Organisasi
dapat dikatakan sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerja sama
yang efisien untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, hal ini organisasi
dapat dilihat dari segi :
-
Tata kerja.
-
Visi dan misi organisasi.
5.
Sekelompok
manusia yang dengan sengaja dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien
untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, disebut :
-
Organisasi.
6.
Organisasi
dapat bersifat memberikan suatu kepastian dan ketentuan-ketentuan tentang pelaksanaan
hubungan kerja sama manusia, maka organisasibersifat :
-
Terstruktur / terstandarisasi.
7.
Organisasi
dapat dilihat dari hubungan orang sebagai anggota, dari hubungan ini maka akan
muncul yang disebut :
-
Dinamika organisasi dimana menuntut perhatian pengurus
dan anggotanya. Dinamika organisasi yang harus dikelola secara cerdas dan
konstruktif ialah terletak pada konflik yang sering timbul di suatu organisasi,
karena dalam kenyataannya konflik tidak selamanya bersifat destruktif akan
tetapi akan mampu meningkatkan produktifitas suatu organisasi apabila dapat di
atasi dan dikelola dengan baik.
8.
Faktor-faktor
yang bersifat internal yang mempengaruhi sifat dinamis organisasi, adalah :
-
Visi dan misi.
-
Hubungan antar anggota organisasi.
-
Tata kerja.
9.
Dengan
sifat dinamis, organisasi dapat melakukan perubahan dan perbaikan,
perubahan-perubahan tersebut menyangkut pada hal :
-
Organisasi
mengalami perubahan karena organisasi selalu menghadapi berbagai macam
tantangan. Tantangan itu timbul sebagai akibat pengaruh lingkungan (lingkungan
organisasi). Yang dimaksud dengan lingkungan organisasi adalah keseluruhan
faktor yang mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi. Faktor faktor yang
mempengaruhi organisasi tersebut adalah luas, dan jumlahnya cukup banyak.
I.
Faktor Intern
§ Perubahan kebijakan pimpinan
§ Perubahan tujuan
§ Pemekaran/perluasan wilayah operasi
organisasi
§ Volume kegiatan yang bertambah banyak
§ Tingkat pengetahuan dan keterampilan
dari para anggota organisasi
§ Sikap dan perilaku dari para anggota
organisasi
§ Berbagai macam ketentuan atau perarturan baru yang berlaku dalam organisasi
II.
Faktor Ekstern
§ politik
§ hukum
§ kebudayaan
§ teknologi
§ sumber alam
§ demografi
§ sosiologi
10. Cara bagaimana pelaksanaan kerja
yang seefisien atas suatu tugas yang diperoleh dengan mengingat segi-segi
tujuan, peralatan, fasilitas, tenaga kerja, waktu, ruang, jarak, biaya, disebut
:
-
Tata
kerja dan membuat divisi-divisi yang dimana tiap anggota divisi mempunyai tugas
dan tanggung jawab masing-masing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar